Perbedaan GP-mono dan moto3

Dulu sebelum Moto3 ada, produsen Racing asal jepang Moriwaki sudah terlebih dahulu membuat GPmono sebagai motor pengganti GP125. Bisa di bilang GPMono adalah motor semi prototype, karna GPmono menggunakan suspense, pengereman, pelek ,rangka dan lengan ayun prototype tetapi menggunakan mesin SE250 (Special Sengine 250cc) yang di setting ulang untuk balapan di sirkuit.

Dengan segudang kelebihan yang mendekati motor Prototype, GPmono di harapkan bisa menjadi batu loncatan untuk pembalap pemula. Hingga saat ini GPmono masih di gunakan di banyak negara termasuk Jepang dan Eropa. di indonesia sendiri GPmono masih di gunakan sebagai motor pelatihan di 43 racing school mikik M.Fadli.

Walau GPmono dan Moto3 sama-sama menggunakan mesin kompetisi  250cc 1 silinder dan di rancang untuk berkompetisi di lintasan aspal, tetapi GPmono dan Moto3 memiliki beberapa perbedaan. di sini saya akan menjelaskan beberapa perbedaan GPmono dan Moto3.

 

md250_1e

Moto3 (Honda NSF250RW & KTM) sudah menggunakan box filter didepan mesin sehingga aliran udara yang masuk lebih banyak dan bisa mendapat daya yang lebih tinggi di RPM tinggi. Sedangkan GPmono masih mennggunakan box filter di belakang mesin (di bawah jok), itu karna motor se250 tidak membutuhkan asupan udara yang banyak pada putaran atas. Mesin SE250 lebih berfokus pada putaran bawah.

Moto3_MX2-1024x683

Mesin moto3  memiliki blok mesin  yang lebih tinggi dan ramping. Sedangkan GPmono yang menggunakan mesin se250 memiliki blok mesin lebih pendek dan sedikit lebih besar, yang berguna untuk kesetabilan lebih baik ketika di gunakana melewati gundukan.

 

Immagine-ECU-2-297x300

Moto3 menggunakan injeksi dan ecu produk asal Italia, Dell”Orto Spa. Tidak seperti Moto3 yang sudah menggunakan injeksi n ecu, GPmono masih menggunakan CDI dan karburator.

 

egqrhw

Karna GPmono tidak menggunakan air ram di moncong nya otomatis membuat dimensinya lebih kecil dan kompak. Berbeda dengan moto3 yang sudah menggunkan air ram di moncong sehingga membuat tampilan lebih besar dan lebar di banding GPmono.

 

Kesimpulan nya

Dengan dimensi yang lebih kompak, perawatan yang lebih mudah plus mesin dan rangka yang di rancang untuk kompetisi, membuat gp-mono cocok di gunakan pemula sebulum mencoba ke moto3. Sayang nya kompetisi gp-mono di indoneaia berahir di tengah jalan karna kurang nya seponsor.

4 thoughts on “Perbedaan GP-mono dan moto3

  1. Roy April 21, 2018 / 16:47

    Artikel belibet. GP mono basicnya motocross yg dipakein rangka ala GP125. Kalau Moto3 full prototype pengganti GP125 dan sangat dilarang pakai mesin dengan basis motocross. GP mono = 250cc mesin motocross + sasis ala GP125, Moto3 = 250cc mesin prototype + sasis mirip GP125. Pasti baru denger ya? Padahal udah dari 11 tahun lalu lho orang2 udah paham GP mono. Kemana aja?

    • Yuuoto April 21, 2018 / 22:56

      gp mono rangka nya prototype mas cuman masih mirip 125
      saya gak bandingin kemampuan gpmono langsung dengan moto3 karna basis nya beda
      hanya menjelaskan perbedaan nya
      ya walau udah 11thun tapi masih banyak yg makai kok sampe sekarang, cuman jarang ke keliatan aja hehe..

    • Roy Juni 28, 2018 / 12:54

      udah lah… intinya masih inferior di banding 125cc 2 tak

      • Yuuoto Juli 5, 2018 / 09:39

        ya jauh klo di bandingin gp125
        emang bukan kelas nya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *