Keunikan Pit Stop TT Isle Of Man

Hampir semua olah raga motor sport menggunakan sistem pit stop, mulai dari F1 hingga ke motoGP. Pit stop sendiri sangat menarik untuk di lihat, karna kita bisa melihat para mekanik dengan cekatan menangani kebutuhan pembalap. Selain itu pit stop juga memegang peranan penting, berbeda 1-2 detik saja bisa menentukan menang atau kalah.

Tetapi jarang ada yang tahu bahwa balapan di TT Isle Of Man memiki pit stop yang cukup unik dan berbeda dari kebanyakan pit stop lain nya. Para pembalap tidak melakukan pit stop di paddock seperti balapan pada umum nya, mereka melakukan pit stop di sebrang paddock dan setiap tim hanya di perbolehkan menurunkan 3 mekanik untuk setiap pembalap.

 

Para pembalap biasanya masuk ke pit stop setelah 2-4 lap dan waktu rata-rata yang di gunakan untuk satu kali pit stop sekitar 40detik, memang tergolong lama jika di bandin dengan pit stop balapan lain. Tetapi dalam 40detik mekanik bisa mengganti ban belakang, mengganti kaca helm, mengelap kaca depan dan mengisi bensin plus pembalap bisa minum sembari melihat catatan waktu sementara.

yang membuat pit stop di TT Isle Of Man semakin unik adalah penggunaan jerigen berbentuk corong yang di gunakan untuk mengisi bensin. Unik nya lagi model jerigen tidak berubah semenjak 111tahun yang lalu. Hanya menggunakan sebuah jerigen berisi 5liter bensin yang di gantung cukup tinggi, tanpa menggunakan pompa bahan bakar. Hanya menggunakan gravitasi untuk mengisi bensin (karna itu pitstop menjadi lama).

2 thoughts on “Keunikan Pit Stop TT Isle Of Man

  1. wahyu Juli 7, 2018 / 18:26

    kalo masalah pit stop gak masalah karena ada sistem undercut kayak f1 sekarang
    jadi tergantung mekaniknya seberapa cepet dia bisa pit stop

    • Yuuoto Juli 7, 2018 / 23:42

      iya bener semua balik ke masing2 mekanik nya, seberapa cpt n teliti pas di pitstop
      kalau undercut udah hampir semua tim balap pakai kalau memungkin kan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *