Motor Dengan Mesin Nyeleneh Di Era MotoGP

Di era MotoGP 4tak sekarang ini ada benyak batasan ini itu yang bertujuan menekan biaya pengembangan motor, sehingga pengembangan MotoGP bisa lebih “bersahabat”. Tapi ketika awal MotoGP di selenggarakan batasan-batasan soal mesin, sasis hingga baha bakar tidak seketat sekarang.

Oleh karna itu sempat ada beberapa tim yang menggunakan motor dengan mesin “nyeleneh”. Yang akan terlihat aneh bila di banding kan dengan motor pada MotoGP sekarang ini. Berikut motor-motor di era 4tak yang menggunakan mesin “nyeleneh”.

Honda CR211V

 

Honda RC211V adalah motor yang dikembangkan Honda pada tahun 2001 untuk menggantikan Honda NSR500 2tak . Bisa di bilang RC211V adalah motor yang ikonik dengan Rossi, karna dengan motor ini Rossi berhasil juara dunia di kelas MotoGP.

RC211V sendiri bermesin 990cc dan 5silinder dengan konvigurasi V dan memiliki sudut 75,5 derajat. Dengan mesin 5silider RC211V memiliki tenaga yang sangat besar, bahkan RCV211V berhasil mendapatkan 3 gelar juara dunia, 3 gelar runner-up. dan 4 kali juara pabrikan.

Proton KR5

Proton KR5 adalah motor yang di buat oleh Kenny Roberts Sr untuk menggantikan KR3 yang memiliki mesin 3 silinder 2tak. Bisa di bilang Proton KR5 adalah replika Honda RC211V. Dengan menggunakan mesin 5silinder yang di buat semirip mungkin dengan RC211V, di harapkan KR5 minimal bisa mendekati RC211V.

Untuk membuat KR5, Kenny Roberts Sr tidak tanggung2 dia bahkan bekerja sama dengan tim balap F1 lotus dan John Barnard yang seorang disainer mobil balap Ferrari di F1. Secara teori di atas kertas motor KR5 memiliki spek yang sangat mumpuni.

Namun balapan terjadi di atas aspal bukan di atas kertas. Dalam balapan jangan kan meraih 15 besar untuk bisa mencapai garis finish saja sudah untung. Posisi terbaik yang bisa di raih hanyalah finish di posisi ke-13.

Blata WCM

WCM sendiri sebenar nya bukan pemain baru di MotoGP. WCM pertama kali mengikuti MotoGP pada tahun 1992 dengan menggunakan mesin Yamaha dan berhasil beberapakali memperoleh podium.

Pada Tahun 2005 WCM bekerja sama dengan pabrikan motor asal Ceko, Blata. Dengan sumber daya yang dimiliki oleh Blata dan pengalaman WCM, mereka berencana membuat mesin konvigurasi V dengan 6 silinder. Mesin dengan silinder terbanyak sejak era MotoGP 4tak ada.

Namun sayang dengan kurang nya dana, proyek motor ambisius ini harus molor berkali – kali dari jadwal yang sudah di tentukan. Hingga ahir nya motor 6silinder tidak pernah sekalipun mengaspas di lintasan MotoGP.

Aprilia RS Cube

RS Cube adalah motor prototipeyang dikembangkan oleh Aprilia untuk bersaing di musim MotoGP 2002 sampai 2004. dengan menggunakan Mesin 3silinder yang dikembangkan dengan teknologi F1 dan membawa banyak fitur yang sebelumnya tidak pernah dilihat dalam pengembangan Sepeda Motor seperti Katup Pneumatik, Kontrol Traksi hingga ride-by-wire.

Namun dengan segudang fitur yang melampaui jaman nya RS Cube tidak di dukung dengan Rangka yang baik dan bobot yang tergolong berat untuk motor 3silinder, sehingga di lintasan motor jadi sulit di kendalikan. dan hasil terbaik yang bisa di proleh oleh RS Cube nya adalah posisi 13 di kelasemen ahir pada tahun 2003.

Demikian lah motor-motor “nyeleneh” yang pernah ada di era MotoGP 4tak. Sekarang kebanyakan dari motor-motor tersebut sudah menjadi kolektor item bagi pecinta  roda dua.

4 thoughts on “Motor Dengan Mesin Nyeleneh Di Era MotoGP

    • Yuuoto Juli 21, 2018 / 15:46

      jdi kangen shumacer.. dulu nonton f1 cuman pengen liat dia menang.. skr kata nya masih pemulihan pasca kecelakaan

  1. Roy Juli 31, 2018 / 14:56

    2 tak 2 silinder Inline 50cc? yg mampu bergasing sampai 20.000rpm?

    • Yuuoto Agustus 1, 2018 / 20:33

      beda gan..
      ini yang jaman nya 4tak..
      tapi boleh juga tuh bahas motor unik jaman oli samping

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *