Kawasaki KR 350.. Motor Yang Membawa Kejayaan Kawasaki

Mungkin banyak yang belum tahu kalau kawasaki pernah memiliki masa kejayaan di kejuaraan balapan dunia GP. Dengan menggunakan KR350 Kawasaki berhasil mendominasi kelas 350cc, gak tanggung-tanggung KR350 berhasil meraih 4kali juara dunia berturut-turtut (1987-1988 & 1981-1982).

Kawasaki KR 350 di bekali dengan mesin 2tak 2sininder dan menggunakan radiator sebagai pendingin nya. KR350 juga dapat menghasilkan tenaga hingga 75HP dan memiliki top speed 220km/jam. Untuk rangka dan kaki-kaki, KR350 menggunakan pipa baja dan menggunakan suspensi konvensional untuk depan sedangkan monoshock di belakang.

Yang istimewa dari KR350 adalah penggunaan waktu pembakaran yang sama antara piston sebelah kanan dan sebelah kiri, sehingga piston begerak secara beriringan. Dulu jarang ada yang melakukan ini, karna bisa membuat waktu pembakaran lebih lama. Tetapi walau begitu, pembakaran secara bersama membuat mesin menjadi lebih halus dan ujung-ujung nya motor jadi lebih mudah di kendarai.

Jika berbicara tetang Kawasaki KR350 tidak bisa di pisahkan dengan sosok Kork Ballington dan Anton Mang. Baik Anton dan Kork sama-sama berhasil membawa Kawasaki menjadi juara dunia di kelas 350cc bersama KR350. Kork Ballington, pembalap asal Afrika Selatan ini berhasil menjadi juara dunia dua kali (1978-1979). Begitu juga Anton Mang, berhasil meraih 2 gelar juara dunia di tahun setelah nya(1981-1982).

Anton Mang
Kork Ballington

Sayang nya tahun 1982 adalah tahun terakhir GP350 di lombakan, dan itu juga menjadi pertanda berakhir pula era kejayaan Kawasaki dengan KR350 nya. Sekarang KR350 menjadi icon kawasaki dan sering di jumpai jika ada acara-acara kawasaki yang bertema racing ( Semoga KMI mau bawa KR350 ke Indonesia) .


Sikaatt.. RCV213V-S Udah Ada Second nya

Rare Item.. BMW S1000RR Replika Resmi Safety Bike MotoGP

Motor Dengan Mesin Nyeleneh Di Era MotoGP

 

 

 

4 thoughts on “Kawasaki KR 350.. Motor Yang Membawa Kejayaan Kawasaki

  1. Mang Anton Juli 30, 2018 / 20:50

    Gambar pertama, tangkai kopling patah gitu?

  2. Yuuoto Juli 30, 2018 / 21:45

    gak patah..
    masih di tempat nya gan hehe..

  3. Roy Juli 31, 2018 / 10:16

    yang lucu dari biker DOHC adalah… ketika Yamaha mengeluarkanTZ750 dengan power sampai 140hp (waktu itu) dijaman sekarang tidak impresif karena 1000cc aja minimal powernya udh 165hp. tp mereka lupa waktu itu 140hp itu terlalu besar dengan rangka diamon dan ban lebih jelek dari kelas 250cc skrg. 140hp dengan ban mereka waktu itu udh terlalu besar dan ban sering terkelupas. udh gitu redline gak lebih dari 10.500rpm, jd dalam kurun 3000rpm power langsung melonjak dari 50hp ke 140hp dalam waktu spontan. jelas lebih liar daripada kelas 1000cc jaman sekarang yang bisa 14.000rpm

  4. Yuuoto Agustus 1, 2018 / 11:53

    nanti deh mas
    saya bikin artikel soal TZ750
    itu motor gila banget
    teknologi nya masih di pakai sampai sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *