Ngepoin Biaya Sponsor Honda Indonesia VS Yamaha Indonesai di MotoGP

Persaingan sengit antara Yamaha Motor Indonesia (YMI) dengan Astra Honda Motor (AHM) belum juga menunjuan tanda-tanda akan berhenti. Bahkan persaingan mereka kian memanas, bukan hanya soal pasar sepeda motor Indonesia  tetapi sudah merambah ke jenjang balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP.

MotoGP

Bahkan hak siar MotoGP di stasiun TV lokal juga di perebutkan mereka. Di sini YMI bisa berbangga diri, karna sudah bertahun-tahun Yamaha bisa mengamankan posisi sebagai sponsor utama di siaran MotoGP Indonesia. Tetapi AHM tidak habis akal, dia menjadi sponsor MotoGP di TV kable (FOX Sport) bersama dengan Host MotoGP paling terkenal, Matteo Guerinoni.

Lalu bagai mana soal biaya sponsor mereka di MotoGP?. Sampai sekarang antara YMI dan AHM belum mau menjelaskan berapa pasti nya biaya yang mereka keluarkan untuk menempelkan tulisan di Tim MotoGP. Tetapi melalui penjelasan mantan pembalap Motogp, Antony West, kita bisa tahu berapa kira-kira alokasi biaya yang mereka keluarkan.

MotoGP

Antony West pernah memposting sebuah foto di Instagram pribadi milik nya, tentang berapa biaya yang di butuhkan untuk masing-masing posisi sponsor di motor balap. Memang tidak bisa di jadikan acuan untuk perbandingan, karna tiap tim memiliki kebijakan masing-masil soal biaya. Ya minimal kita bisa memiliki perkiraan soal biaya iklan di sebuah tim balap.

Jadi kita asumsikan sponsor utama tim berada di nomer ke-5, maka kita bisa memperkirakan berapa persen biaya yang di keluarkan untuk masing-masing posisi sponsor. dan konon untuk menjadi sponsor utama kita harus merogoh kocek hingga 400milyar (tahun 2011).

MotoGP

Pertama kita lihat logo semakin di depan menempel di fairing bagian depan sebelah kanan milik Maverick Viñales (posisi ke-7). Jika di bandingkan dengan keterangan Antony West, itu berarti YMI mengeluarkan dana sekitar 20% , tetapi karna hanya di satu sisi (kanan) bisa jadi hanya 10% dari total biaya utama.

MotoGP

Selain di tim Yamaha Movie Star, semakin di depan juga menempel di buritan tim Yamaha Tech3 MotoGP. Melihat posisi nya (no.9) itu berati YMI mengeluarkan 15% dari total biaya utama.

MotoGP

Berbeda dengan YMI yang menempatkan sponsor di beberapa posisi tetapi dengan harga yang lebih bersahabat. AHM hanya meletakan satu sponsor tetapi cukup besar (posisi ke-4) dan menghabiskan biaya sekitar 30% dari total biaya utama.

Buat yang masih kepo monggo di hitung sendiri berapa jumlah pasti nya, saya udah pusing bayangin jumlah nol nya. Sekali lagi ini hanya perkiraan kasar, setiap tim memiliki kebijakan masing-masih soal sponsor.


Romano Fenati.. Si Bad Boy Yang di Kontak MV Agusta

Aksi Kocak Mereka Yang Lelah Menunggu Race Silverstone

Bradley Smith.. Galau di Antara Yamaha atau Aprilia

Curtiss V-8.. Saat Sepeda Motor Jadi kendaraan Darat Tercepat di Muka Bumi

Aprilia RSW 500.. Motor GP250 Yang di Paksa Membalap di GP500

 

4 thoughts on “Ngepoin Biaya Sponsor Honda Indonesia VS Yamaha Indonesai di MotoGP

  1. Usman September 1, 2018 / 00:00

    Suzuki gmn om?

    • Yuuoto September 1, 2018 / 07:34

      kalau buat suzuki saya gak tau mas
      soal nya thun ini suzuki indonesia cuman ngiklan di baju pembalap
      mungkin lebih murah dari yamaha karna gak ngiklan di body motor juga

  2. Salah pilih September 14, 2018 / 12:11

    Kok ymi ataruan kan yimm?

    • Yuuoto September 15, 2018 / 05:55

      resmi nya bgt.. tapi saya pribadi lebih suka ymi
      lebih singkat n lebih mudah di ucapin
      hehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *