Proton KR3.. Saat GP500 Bisa Mengasapi MotoGP 990cc

Pada tahun 2001-2003 menjadi masa peralihan di MotoGP, yang tadi nya menggunakan mesin 2tak 500cc menjadi 4tak 990c. Pada saat transisi, motor 2tak masih boleh di gunakan untuk mengikuti pertanding melawan motor 4tak. Namu di lintasan terlihat jelas perbedaan antara motor 2tak dan 4tak, dengan tenaga yang lebih besar plus teknologi yang lebih baru membuat motor  2tak sulit untuk mengimbangi 4tak. Selain itu mayoritas yang masih menggunakan motor 2tak adalah tim kecil atau pembalap kelas 2.

proton-kr3-1

Salah satu yang masih setia dengan motor 2tak adalah tim KR (Kenny Roberts). Bekerja sama dengan pabrikan asal Malaysia, Modenas, tim KR berhasil membuat sebuah motor prototype yang di berinama Modenas KR3. Sayang nya Modenas KR3 memiliki banyak masalah mulai dari bobot mesin yang berat hingga getaran yang parah membuat motor sulit untuk di kendalikan.

modenas-kr3-1

Melihat hasil Modenas KR3  yang kurang maksimal membuat Modenas lebih memilih mengundurkan diri dan memutus kerja sama dengan tim KR. Pergi nya Modenas membuat tim KR bergabung dengan pabrikan asal Malaysia lain nya, Proton. Bersama dengan Proton tim KR berhasil membuat motor yang di beri nama Proton KR3.

Belajar dari kesalah Modenas KR3, tim KR akhir nya merombak ulang hampir seluruh motor. Tetap menggunakan mesin V3 tetapi mesin di konfigurasi ulang dengan membalik posisi silinder, 2 silinder di atas dan 1 silinder di bawah. dan rangka yang di desain ulang oleh produsen sasis FTR, membuat Proton KR3 menajdi motor yang jauh lebih halus dan lebih mudah di kendalikan.

Dengan motor yang telah di sempurnakan Proton KR3 mampu membawa Nobuatsu Aoki dan Jeremy McWilliams konsisten memasuki 10besar di saat pembalap top lain nya sudah menggunakan motor 4tak 990cc. dan puncak nya pada tahun 2002 Jeremy McWilliams mampu meraih pole position di Phillip Island Australian, mengalahkan pembalap top dengan motor 4tak nya.

proton-kr3-5
Proton KR3 star di posisi terdepan

Sayang nya dengan motor yang sudah di sempurnakan tetap sulit untuk Proton KR3 untuk menembus barisan depan di tambah lagi dengan kurang nya konsistensi pembalap, pengembangan motor yang terlambat (yang lain sudah pindak ke 4tak) dan menggunakan jasa pembalap kelas 2 membuat Proton KR3 kurang bersinar. Banyak yang bilang seandai nya pengembangan Proton KR3 lebih cepat 2-3 tahun dan menggunakan pembalap yang lebih baik mungkin bisa lain cerita nya.


Yamaha RD56.. Motor Yang Mebuka Kejayaan Yamaha di MotoGP

Aprilia RSW 500.. Motor GP250 Yang di Paksa Membalap di GP500

Aprilia RS Cube.. Motor Dengan Mesin 3 Silinder Pertama dan Terakhir di MotoGP

Motor Dengan Mesin Nyeleneh Di Era MotoGP

Marquez dan Respek Para Rossi Mania

 

 

3 thoughts on “Proton KR3.. Saat GP500 Bisa Mengasapi MotoGP 990cc

  1. Roy September 2, 2018 / 11:31

    powernya sekitar 160hp ketika keluar, mungkin diakhir era nya udh 180hp an dan beberapa peranti elektronik yg terpasang dimotor itu.

    untuk cornering jauh lebih baik tp sayang top speed nya kurang.

    Dan motor itu dijual ama Kenny Roberts 200rb USD klo gak salah dibeli ama orang kaya + Sparepart nya dan udh diuji coba disirkuit juga. Jauh lebih cepat drpd 1000cc yg dipasaran pas test di sirkuit.

  2. Yuuoto September 2, 2018 / 17:32

    iya bener.. collector item bgt nih motor.. klo menurut saya aturan lebih mahal dri pada itu harga nya, ini legenda trakhir 2tak di lintasan

  3. Roy September 2, 2018 / 17:36

    hahaha

    yg jual King Kenny, seinget gw sih dilelang wkt itu 200rb USD, anggap aja harga segitu. Tp msh hidup motornya lngs dibawa ama yg beli ama bawa mekanik sendiri kekx dan di test dilintasan. Msh joss motornya, cuma emang tenaganya agak kurang dibandingkan 990cc wkt itu yg udh 230ps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *