Mungkinkah Yamaha M1 Menggunakan Mesin V4?

Seperti yang kita tahu, pengembangan Yamaha M1 di MotoGP kian memprihatinkan, baik itu M1 milik tim Yamaha Tech 3 atau milik tim Movie Star. Kondisi ini berbanding terbalik dengan beberapa tahun yang lalu, di mana Yamaha M1 di tangan Vallentino Rossi dan Lorenzo begitu perkasa, bahkan berhasil mendominasi balapan di  MotoGP.

Yamaha m1

Seperti lelah dengan kondisi M1 yang belum juga bisa kompetitif, membuat Rossi dan Vinales mulai berfikir bahwa mesin dengan konfigurasi V4 seperti yang digunakan Honda dan Ducati memiliki banyak kelebihan di banding dengan mesin inline 4silinder yang di miliki Yamaha saat ini.

Yang jadi pertanyaan sekarang, mungkin kah Yamaha mengganti Mesin M1 menjadi V4 seperti yang di gunakan Honda dan Ducati. di sini saya yakin 95% kalau Yamaha gak akan merubah mesin inline 4silinder mereka dengan mesin V4, walau yang meminta adalah seorang Vallentino Rossi.

Yamaha m1

Banyak alasan kenapa Yamaha enggan membuat mesin dengan konfigurasi V4. Salah satunya adalah Yamaha tak memiliki mesin Superbike dengan konfigurasi V4, berbeda dengan Dacati yang punya panigale atau Honda dengan RVF nya, mereka punya dasar di mesin V4. Jadi jika Yamaha tetap nekat membuat mesin dengan konfigurasi V4, itu berarti Yamaha harus membuat motor dari nol, baik itu mesin, rangka, body hingga kaki-kaki.

Yamaha m1

Alasan berikut nya adalah Yamaha selalu melakukan pengembangan setahap demi setahap (Evolusi). Yamaha terkenal dengan pabrikan yang melakukan pengembangan motor secara bertahap, jika langsung mengganti mesin dari inline 4silinder ke V4 itu berarti Yamaha melakukan sebuah Revolusi, yang jadi masalah apa sumber daya Yamaha siap jika ada perubahan secepat itu?.

Apa itu berarti Yamaha gak akan membuat mesin V4?. Bisa aja Yamaha membuat M1 dengan mesin V4, tapi bukan buat tahun depan. Karna Yamaha butuh persiapan, riset dan sumber daya buat mengganti mesin dari inline 4silinder ke V4. Ya walau dulu Yamaha pernah jaya dengan mesin V4 di jaman GP500, tapi bukan berarti Yamaha bisa langsung menggunakan mesin V4.


Romano Fenati.. Si Bad Boy Yang di Kontak MV Agusta

SKY Racing Tim dan Ocean Rescue kembali Bersama di Misano (Gallery)

TM RACING.. Kembalinya Pabrikan ke-3 di Moto3

Saat Superbike dan MotoGP Berbagi Paddock

Christophe Ponsson… Pengganti Tito Rabat Pasca Insiden silverstone

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *