Word Superbike Tidak Laku?, Salahkan Dorna..

Belum lama ini perwakilan Dorna untuk mengurus WSBK,  Gregorio Lavilla sempet berkata pada media bahwa alasan pamor Superbike kian meredup karena Jonathan Rea terlalu mendominasi dan Rea tidak memiliki “nilai jual” sebagai juara dunia Superbike, sehingga penonton malas untuk melihat balapan World Superbike.

Superbike

Sebenarnya tak ada yang salah dengan Jonathan Rea, dia adalah pembalap terbesar sepanjang sejarah Superbike. Ya walau harus diakui Jonathan Rea sama seperti jorge lorenzo dan casey stoner, dia kurang memiliki daya tarik sebagai juara dunia. Tetapi itu bukan berarti Rea harus disalahkan karena Superbike sepi peminat.

Justru Dorna lah yang harus disalahkan karena WSBK kurang diminati, semenjak WSBK di beli Dorna (2011) popularitasnya terus saja menurun. Dorna banyak mengambil jalan pintas dengan menerapkan peraturan-peraturan MotoGP di Superbike, seperti penghapusan kelas standar dan WSBK hanya melombakan 3kelas saja (Superbike, Supersport 600, Supersport 300).

Walau harus diakui tidak semua keputusan Dorna itu buruk, seperti pembatasan update suku cadang  dan RPM bagi tim dominan membuat balapan sedikit lebih menarik, dan efeknya tim-tim papan tengah seperti Yamaha Pata bisa mulai unjuk gigi.

Superbike

Lalu bagai mana WSBK bisa menjadi banyak ditonton?. gampangnya, Dorna tinggal mengundang  pembalap yang memiliki daya tarik dari kelas MotoGP atau Moto2. Jangan hanya menundang pembalap kelas 2 seperti Alvaro bautista. Bahkan Marco Melandri yang tahun depan digantikan Bautista, lebih memiliki daya tarik khususnya bagi penonton dari Italia.

Rossi ke Superbike

lalu jika Dorna merasa Rea kurang memiliki nilai jual sebagai juara dunia, Dorna tinggal mengundang Vallentino Rossi Atau Marc marquez untuk balap di Superbike, itu juga kalau Dorna berani.  Sebanarnya yang paling cocok adalah dari pada Rossi memilih pensiun dari MotoGP lebih baik Rossi pindah ke WSBK, bagaimanapun juga Rossi tetaplah Rossi, dia punya fans garis keras yang setia mendukung Rossi, kemanapun dia membalap.


Menelusuri Jejak TZ250 Milik Yamaha Indonesia Ex Doni Tata

Jonathan Rea.. Pembalap Terbuang Yang Menjadi Juara Dunia Tersukses

Danny Kent.. Juara Dunia Yang Terbuang

Hot.. Penampakan Final Mv-Agusta Moto2

Sahhhh…. Jake Dixon Bergabung Dengan Angel Nieto Tim

 

4 thoughts on “Word Superbike Tidak Laku?, Salahkan Dorna..

  1. Martabak93 Oktober 3, 2018 / 07:40

    trus jd salah mbah Oci?

  2. Yuuoto Oktober 3, 2018 / 13:50

    jiaa… bah oci ada di warung sebelah
    hehehe…

  3. zxr Oktober 8, 2018 / 13:25

    dangan mengundang rossi/marquez gak akan membuat wsbk menjadi lebih ramai, hanya efek instan saja ntar cepet ilang juga

    emang bener kok wsbk kurang laku karena gak ada pembalap yang menyajikan entertainment, jadi cuma penikmat balap yg ‘pure’ butuh tontonan balap yg masih nonton wsbk

  4. Yuuoto Oktober 8, 2018 / 17:44

    emang sementara.. tapi di jamin efeknya langsung terasa
    jauh lebih bagus dari pada ngubah regulasi ini itu
    hehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *