Doni Tata… From Hero To Zero

Dulu Yamaha Indonesia pernah mengirim seorang anak bangsa utuk berlaga di kejuaraan MotoGP (GP125 & Gp250). Bahkan jauh sebelum Honda Mengirim Dimas ekky Dll ke balapan internasional, Yamaha Indonesia sudah mengirim Doni Tata mengikuti ajang balap GP dengan menggunakan Yamaha TZ125 dan TZ250.

tz250 donitata 4

Awal nya Doni Tata di gadang-gadang sebagai anak ajaib yang berhasil di besarkan oleh Yamaha. Bukan tanpa alasan Doni di anggap sebagai anak ajaib, di umur 12tahun dia menjadi juara underbone 110cc 4tak Yamaha Cup Race dan di usia 13tahun dia menjadi Juara asia underbone 115cc 4tak.

doni tata cup

Melihat prestasinya, Yamaha Indonesia langsung mempromosikan Doni Tata ke GP125 dengan menggunakan yamaha TZ125. Sayangnya dengan menggunakan motor yang tergolong tua dibanding kompetitor dan minim nya adaptasi (dari bebek langsung ke GP125) membuat doni bisa finish saja sudah sukur. Walau dia selalu kesulitan di GP125 tetapi Yamaha Indonesia tetap yakin kalau Doni di bekarikan motor yang lebih baik dia bisa juara,

karna itu lah pada tahun 2007 Yamaha Indonesia mempromosikan lagi Doni Tata untuk mengikuti kejuaraan all japan championship, mengikuti kelas GP250 dengan menggunakan motor TZ250 yang katanya pengembangan nya masih di lakukan oleh Yamaha Jepang.

doni tata all japan
Doni Tata ketika mengikuti all Japan championship

Sebenar nya Doni di all japan championship gak buruk-buruk amat, dari 6 race yang di ikuti dia sekali bisa masuk 5besar. Dengan hasil yang tidak terlalu buruk di all japan championship dan motor yang katanya lebih baik, Yamaha Indonesia sempat bilang “dengan motor yang sekarang Doni gak akan jadi juru kunci lagi, dia bisa konsisten di papan tengah”.

doni tata pradita

Berbekal pengalaman di all japan championship, Doni Tata ahir nya mengikuti full race world GP250 pada tahun 2008. Sayang nya balapan di world GP jauh lebih berat di bandingkan dengan all japan championship. di world GP Doni harus puas sering finish di nomer buncit. Bahkan dari 16 race Doni hanya bisa mengumpulan 1 poin saja.

Melihat Prestasi Doni Tata yang kurang bisa bersaing, ahirnya membuat Yamaha Indonesia memilih untuk menghentikan Proyek yang di sebut From Zero To Hero ini. dan Yamaha Indonesia juga melego semua aset tim termasuk motor Yamaha TZ250 yang sempat saya bahas kemarin.

doni-tata-pradipta-yamaha-r-6-11

Setalah Berahirnya Proyek From Zero To Hero Yamaha indonesia kembali memboyong Doni untuk mengikuti balapan World Superstock dengan menggunakan Yamaha R6. Sayangnya lagi-lagi Doni kurang bisa bersaing, dari 14 race doni hanya hanya mampu finish di 6 race dan menempati posisi ke-25 di kelasemen akhir.


Ninja ZX-6R.. Pesakitan Di Antara Para Juara Dunia

Word Superbike Tidak Laku?, Salahkan Dorna..

Menelusuri Jejak TZ250 Milik Yamaha Indonesia Ex Doni Tata

Jonathan Rea.. Pembalap Terbuang Yang Menjadi Juara Dunia Tersukses

Danny Kent.. Juara Dunia Yang Terbuang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *