Wooow… Ternyata Panigale V4R Menggunakan Mesin Ducati GP15

Belum lama ini Ducati merilis motor yang menggemparkan dunia persilatan roda dua, dia dalah Ducati Panigale V4 R. Motor Homologasi yang dibuat Ducati khusus untuk mengikuti World Superbike ini dilengkapi dengan segudang aksesoris exotic hingga teklogi MotoGP menghiasi motor ini.

Panigale V4

Dan satu lagi yang membuat Ducati Panigale V4 R menjadi luar biasa adalah tenyata Ducati Corse menggunakan mesin Ducati GP15 sebagai acuan pembuatan Panigale V4 R. Ducati GP15 sendiri adalah motor pengembangan mekanik jenius gigi dall’igna, dan berhasil mengantarkan Andrea Iannone menempati posisi ke-5 kelasemen akhir. Jadi sangat wajar jika Ducati Corse menggunkan GP15 sebagai acuan pengembangan.

Apa aja sih teknologi GP15 yang di gunakan Panigale V4 R?, kita bahas satu persatu. Yang pertama adalah penggunaan mesin V4. Penggunaan mesin V4 sendiri sebenarnya sedikit berlawanan dengan tradisi Ducati yang lebih suka mesin model V-twin, mulai dari Ducati seri 916, 999, 1098, hingga Panigale V2 selalu menggunakan mesin V-twin.

Panigale V4

Yang ke-2 adalah menggunaan diameter silinder 81mm. Penggunaan diameter silinder yang sama antara GP15 dan Panigale V4 R membuat tranfer teknologi kedepannya akan semakin mudah.

Selanjutnya ke-3 adalah penggunaan CrankShaft yang memiliki arah perputaran serah putaran roda (panah merah). Tidak sperti sebelumnya yang menggunakan CrankShaft berlawanan arah roda, CrankShaft yang serah putaran roda memberikan putaran mesin yang lebih cepat dan lebih irit bahan bakar.

Panigale V4

Ke-4 penggunaan matrial alumunium khusus untuk membuat blok dan kepala silinder, sehingga mesin menjadi sangat ringan, jadi jangan heran jika mesin Panigale V4 R hanya 2kg lebih ringan dari model V-twin, Padahal sukucadang di dalam mesin V4 lebih banyak dibanding mesin V-twin.

Sebenarnya masih banyak lagi bagian dari Ducati GP15 yang di gunakan, sayangnya sisanya lebih seperti sulit untuk di lihat dengan mata keranjang  telanjang.


Wahhhh… Ternyata Ini Alasan Maverick Vinales Berganti Nomer 12

Sahhhhh… Dominique Aegerter Menjadi Pembalap Mv Agusta Moto2

GP-SportsR Spirit.. Moto2 Legal Untuk Jalan Raya

Sikaattt… Rafid Topan Lelang Helm Ex Moto2 Sepang

BSB GP2.. Balapan Paket Hematnya Moto2

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *