Benarkah MotoGP Jadi Lebih Menarik Tanpa Elektronik?

Semenjak masuknya MotoGP era 4tak motor protoype sudah jauh berbeda dibading jaman 2Tak, mekanik tidak lagi menggunakan obeng dan tang untuk mensetting motor, data pengembanan motor tersusun rapi dalam telemetri, tidak hanya mengandalkan filing pembalap. Jadi jangan heran jika motor MotoGP memiliki lebih dari 50 sensor elektronik untuk memantau perkembangan motor.

Elektronik

Salah satu komentar yang sering saya dengar dari pecinta MotoGP adalah meminta dihilangkannya elektronik dari MotoGP, jadi mereka ingin melihat aksi liar para rider di atas motor bukan balapan yang “membosankan” karna penuh elektronik yang membatasi rider.

Lalu bisa gak MotoGP tanpa elektronik? tentu saja bisa, aman gak tanpa elektronik? tentu saja gak aman. Jika hanya dengan alasan agar balapan MotoGP tidak membosankan seperti GP500 mending pikir ulang dulu. Banyak alasan kenapa elektronik di MotoGP begitu penting.

Yang pertama pembalap sudah terbiasa dengan elektronik, dari masih di Moto3 dan Moto2 para pembalap sudah terbiasa dengan elektronik di motor mereka, jadi jika elektronik dihilangkan begitu saja bisa sangat berbahaya bagi pembalap. ke-2 pasti sangat sulit mengendalikan motor dengan tenaga 250 HP tanpa elektronik ( GP500 180 HP), tanpa elektronik bisa-bisa stamina dan ban motor lebih cepat habis dari biasanya.

Elektronik

Bisa saja tanpa elektronik MotoGP menjadi kurang menarik, untuk menjaga stamina dan kompon ban para pembalap malah menjadi lebih berhati-hati dan mengurangi asksi overtaaking di awal-awal perlombaan. Buntut-buntutnya MotoGP tetep menjadi membosankan seperti sebelumnya.


Ooo.. Ternyata Ini Yang Di Lakukan Pembalap dan Team Ketika Tes Pramusim

Ngepoin Yamaha R1M Yang Di Gunakan Lewis Hamilton

Isle of Man TT Zero.. Balap Motor Listrik Protoype Yang Sebenarnya

MotoE.. Balapan Motor Grand Prix Paling Lambat Di Dunia

Yukk lihat Ego Corsa.. Motor Yang Di Gunakan Balapan MotoE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *