Hotttt….. Motor Petronas FP1 Kembali Mengaspal

Ada kabar gembira bagi pemburu motor-motor langka yang exotic. Gosipnya Petronas FP1 yang pernah di produksi super terbatas pada 2003 akan dijual. Gosip ini sedang berhembus kencang di dunia roda dua Inggris, salah satu bengkel restrorasi mobil klasik di Inggris, Lazante Motorsports, telah mengumumkan akan merestorsi 60unit Petronas FP1 dan menjual dengan harga $ 32.000.

Buat yang belum kenal sama Petronas FP1 nih saya kasih sejarah singkatnya. Sekitar 15tahun yang lalu (2003) perusahaan otomotif asal Malaysia, petronas, telah memulai sebuah proyek ambisius untuk membuat motor “protoype” yang rencananya akan digunakan untuk mengikuti kelas MotoGP. Gak tanggunng-tanggung petronas sampai bekerja sama dengan team Suber F1 dalam membuat Petronas FP1.

Petronas FP1 sejatinya adalah Motor yang akan digunakan oleh Petronas untuk bertanding di kelas MotoGP. Walau tujuan utama Petronas adalah MotoGP, tetapi Petronas FP1 terlebih dahulu di ujicoba untuk bertanding di World Superbike.

Petronas FP1

Petronas FP1 sendiri memiliki mesin 3silinder segaris dengan kapasitas mesin 900cc. Demi bisa bertanding di kelas Superbike, FP1 harus di produksi minimal 150 unit, maka pada tahun 2003 di buatlah 75 unit FP1 di Inggris dan 75 unit di Malaysia. rencanya dari 150unit, 50unit akan digunakan untuk balapan dan 100unit akan dijual.

Sayangnya pada tahun 2004 panitia World Superbike membuat peraturan baru, dimana motor 2 hingga 4 silinder boleh menggunakan mesin dengan kapasitas hingga 1000cc. Peraturan baru tersebut membuat FP1 menjadi dirugikan, dengan 3silinder 900cc harus melawan motor 4silinder 1000cc.

Petronas FP1

Akhirnya pada 2006 pihak petronas menarik diri dari World Superbike dan menutup semua aset pengembangan FP1, termasuk 75unit FP1 yang dibuat di Malaysia konon juga di hancurkan oleh mereka. dan 60unit (15 unit kemungkinan sudah digunakan balapan) FP1 yang berada di Inggris menunggu menjadi besi rongsokan tanpa pernah disentuh selama 15tahun.

Melihat petronas FP1 yang tersisa hanya tinggal 60unit, statusnya yang ultra spesial dan dibuat oleh team F1 membuat Petronas FP1 menjadi salah satu motor langka yang mungkin belum tentu bisa kita jumpai sekali seumur hidup. Jadi buat para kolektor motor langka buruan deh kontak IG nya Lazante Motorsports.

 


Benarkah MotoGP Jadi Lebih Menarik Tanpa Elektronik?

Ooo.. Ternyata Ini Yang Di Lakukan Pembalap dan Team Ketika Tes Pramusim

Ngepoin Yamaha R1M Yang Di Gunakan Lewis Hamilton

Isle of Man TT Zero.. Balap Motor Listrik Protoype Yang Sebenarnya

MotoE.. Balapan Motor Grand Prix Paling Lambat Di Dunia

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *