4 Pembalap MotoGP Yang Mampu Juara Dengan 3 Pabrikan Berbeda

Sudah hampir 70tahun semenjak MotoGP pertama kali dilombakan, sudah banyak kejadin dan rekor yang dicatat sejarah, walau begitu ada beberapa rekor MotoGP yang hingga sekarang sulit untuk di pecahkan. Salah satunya adalah rekor juara seri dengan 3 pabrikan yang berbede.

Tidak seperti rekor fastest lap, rekor pole position atau rekor MotoGP lainnya terus berubah-ubah dan banyak pembalap yang pernah menyentuhnya, rekor juara seri dengan 3 pabrikan berbeda hanya mampu di peroleh oleh segelintir pembalap saja. Siapa aja mereka? yuk kita bahas satu persatu.

Mike Hailwood

Pembalap asal Inggris ini bisa dibilang adalah salah satu pembalap terbaik yang pernah ada. pernah 9kali menjadi juara GP hampir di semua kelas ( GP 250, GP350, GP500), membuktikan dia layak disebut salah satu pembalap terbaik. Selain menjadi pembalap GP Mike Hailwood juga pernah menjadi pemlap F1 yang cukup kompetitif dan sempat naik podium ke-3 saat menggunakan mobil McLaren M23.

  • Norton = 1 kali menang
  • MV Agusta = 28 kali menang
  • Honda = 8 kali menang

Randy Mamola

Mungkin kalian gak asing lagi sama pembalap asal Amerika Serikat ini, Suaranya sering bergema di MotoGP, yep dia adalah salah satu komentator di MotoGP. Randy Mamola adalah salah satu sosok pembalap karismatik yang pernah dimiliki MotoGP, kecintaannya pada balapan membuatnya terus berkontribusi di MotoGP bahkan jauh setelah dia pensiun. Mungkin karna itu Dorna memberikannya gelar Lagen MotoGP pada Randy Mamola, walaupun dia belum pernah juara dunia sekalipun.

  • Suzuki = 5 kali menang
  • Honda = 4 kali menang
  • Yamaha = 4 kali menang

Eddie Lawson

Eddie Lawson adalah pembalap asal amerika serikat yang berhasil memperoleh 4kali juara dunia GP500. Selain mendapat rekor pembalap yang bisa juara seri dengan 3 pabrikan berbeda, Eddie Lawson juga memegang rekor sebagai salah satu pembalap paling konsisten yang pernah ada. Dari 127 seri GP500 yang pernah di ikutinya, Eddie Lawson hanya pernah 7kali gagal finish.

  • Yamaha = 26 kali menang
  • Honda = 4 kali menang
  • Cagiva = 1 kali menang

Loris Capirossi

di banding ke-3 pembalap di atas Loris adalah pembalap yang paling terakhir pensiun, dia juga adalah salah satu pembalap paling lama yang pernah ada di MotoGP (dibawahnya Rossi). Sekarang Loris menjadi salah satu reca direction di MotoGP, yang bertugas mengurus keamanan para pembalap MotoGP di lintasan.

  • Yamaha = 1 kali menang
  • Honda = 1 kali menang
  • Ducati = 7 kali menang

Jorge Lorenzo ?

Rekor Motogp

Selain ke-4 pembalap di atas sebenarnya masih ada satu lagi pembalap yang berpeluang mendapat rekor MotoGP tersebut, dia adalah Jorge Lorenzo. Dengan 44kali menang bersama Yamaha dan 2 kali menang dengan Ducati, mungkin kah Lorenzo bisa juara bersama Honda?. Jika Lorenzo berhasil, namanya akan tercatat dalam sejarah sebagai pembalap Spanyol pertama yang berhasil menang dengan 3 pabrikan berbeda di MotoGP.


Harris Moto2.. Ketika Yamaha Turun di Kelas Moto2

5 Alasan Valentino Rossi Harus Pindah Ke World Superbike

Hotttt….. Motor Petronas FP1 Kembali Mengaspal

Benarkah MotoGP Jadi Lebih Menarik Tanpa Elektronik?

Ooo.. Ternyata Ini Yang Di Lakukan Pembalap dan Team Ketika Tes Pramusim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *